Home » » Kitab Metode Tilaawati

Kitab Metode Tilaawati

Written By Admin on Kamis, 02 Mei 2013 | 07.02

Metodologi pembelajaran Al Quran semakin variatif, dengan kelebihan yang ditawarkan oleh tiap-tiap metode. Satu diantaranya yang saat ini sedang semarak dipraktekkan adalah metode TILAWATI.


Sebagai metode baru, hasil kreasi “Kyai Imron Ahmadi” dari Tegal Jawa Tengah ini menawarkan beberapa spesifikasi sebagai berikut :
  1. Metode Tilawati terdiri atas 6 jilid buku, termasuk GHORIB dan MUSYKILAT. Tiap-tiap jilid berbeda warna cover
  2. Masing-masing jilid dilengkapi dengan PERAGA yang berisi 20 halaman. Fungsi peraga akan membantu santri belajar secara klasikal dan memudahkan penguasaan materi karena peraga ini akan diulang- ulang (satu peraga bisa khatam antara 17 – 21 kali)
  3. Menggunakan irama LAGU ROST, sebagai lagu dasar yang mudah difahami dan ditirukan
Perjalanan pembelajaran Al quran yang selama ini telah dilakukan dengan berbagai jenis metode, menemukan beberapa permasalahan yang menjadi dasar lahirnya Metode TILAWATI ini, diantaranya :
  1. Adanya pembinaan terhadap guru secara intens dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi guru yang baik
  2. Santri dimunaqosyah setiap akan naik jilid
  3. Model pengelolaan kelas merupakan perpaduan metode KLASIKAL dan BACA SIMAK secara seimbang, sehingga pengelolaan kelas dapat berjalan efektif dan target pembelajaran dapat tercapai
  4. Jumlah ustad yang terbatas, menjadi kendala klasik, sehingga banyak lembaga TPQ / TPA, berjalan tanpa adanya konsep jelas (terkesan asal jalan, anak-anak tetap masuk, tanpa ada target yang jelas). Dengan sistem TILAWATI, satu ustad dapat mengajar 15 – 20 santri secara bersamaan tanpa mengurangi kualitas.
  5. Biaya operasional TPA / TPQ menjadi lebih ringan, karena dengan sistem klasikal, beban biaya akan ditanggung secara proporsional oleh masing-masing santri, yang meliputi pengadaan buku Tilawati, Peraga, atau buku penunjang yang lain (materi hafalan, buku makhorijul huruf, buku panduan tajwid, kaset, MP3 dan VCD pembelajaran, dan lain-lain)
  6. Waktu pendidikan dapat diprediksi dengan jelas. Kelas ideal dalam Tilawati yaitu bilamana dalam satu pekan, santri masuk sebanyak 5x. Setiap pertemuan ditarget untuk menyelesaikan 4 halaman peraga dan cukup satu halaman buku tilawati (buku tilawati terdiri atas 44 halaman dan 20 halaman peraga). Sehingga peraga tilawati akan bisa khatam setiap 5 hari sekali, dan diulang lagi untuk pertemuan selanjutnya. Dengan perhitungan ini, santri dapat menyelesaikan satu jilid buku dalam waktu 44 x pertemuan, ditambah dengan pengayaan materi dan munaqosyah total menjadi 50 x pertemuan, yang setara dengan waktu 2,5 bulan. Untuk menyelesaikan Paket Lengkap Tilawati Jilid 1 – 6, diperlukan waktu 15 bulan, atau dengan asumsi ada udzur dalam pelaksanaan bisa dibulatkan menjadi 18 bulan (1,5 tahun). Berdasarkan data dan perhitungan diatas, kita dapat merencanakan program pembelajaran Ngaji Quran bagi anak-anak secara baik. Jikalau anak SD kelas 1 mulai belajar Tilawati, maka kelas 2 naik ke kelas 3, anak tersebut sudah menyelesaikan 6 jilid Tilawati dan siap transfer ke Al quran.
  7. Dalam belajar Al quran, anak-anak tetap akan dipandu oleh para Ustad dengan sistem baca simak. Jika dalam 1 pekan 5 x pertemuan, dan masing masing pertemuan menyelesaikan 2 halaman Al quran, maka dalam waktu 2 pekan, santri sudah menyelesaikan 1 juz Al quran. (dengan menggunakan Al quran standar, 1 juz 20 halaman), sehingga dalam kurun waktu 15 - 18 bulan, santri sudah khatam Al quran 30 Juz. Hal ini berarti, ketika anak kelas 3 naik kelas 4, anak-anak sudah rampung belajar Al quran, sehingga kasus drop out santri TPA akibat berbenturan jadwal dengan kegiatan ekstra kurikuler ataupun les tambahan bisa diminimalkan
FORMULA :
Buku Tilawati Jilid 1 – 6 : 18 bulan / 1,5 tahun
Al quran 30 juz : 18 bulan / 1,5 tahun


Target kualitas yang ingin dicapai dalam pembelajaran Metode Tilawati ini adalah santri menguasai bacaan Al quran dengan baik dan benar, yang meliputi :

  1. Fashohah (praktek), meliputi kaidah : Al waqfu wal Ibtida’; Muroatul huruf wal harokat; Muroatul huruf wal kalimat
  2. Tajwid (Teori dan Praktek), meliputi : Makhorijul huruf; Ahkamul huruf; Shifatul huruf; Ahkamul Mad wal Qosr
  3. Ghorib dan Musykilat (Teori dan Praktek)
  4. Suara dan Irama (Praktek), meliputi Kualitas vokal dan penguasaan lagu ROST

2 komentar:

  1. maaf mau tanya yang menyediakan buku ini alamatnya dimana ???
    yang terdekat dari talang.

    BalasHapus
  2. Alamat Kng Dian Rizqi Fauzi di mana y???

    BalasHapus

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Koordinator Metode Tilaawati Kec. Jatinegara Kab. Tegal - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger